Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) adalah program keahlian yang dulunya merupakan program keahlian Administrasi Perkantoran. Seiring dengan perkembangan kurikulum dan tuntutan perkembangan teknologi, program keahlian Administrasi Perkantoran disempurnakan menjadi program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB). Harapannya, dengan perubahan tersebut, program keahlian MPLB dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran yang dicetak dari alumni SMK. Dikatakan demikian, karena pada Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis akan membekali peserta didik dengan berbagai keilmuan dan praktik pada ruang lingkup pengelolaan bisnis dan administrasi dengan fokus pada keilmuan di bidang manajemen perkantoran dan manajemen logistik, kewirausahaan, serta keterampilan mengelola administrasi bisnis, baik offline maupun online.
Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis pada kegiatan sehari-harinya fokus pada perencanaan kegiatan kantor, penyediaan peralatan kantor, mengatur perubahan antar departemen, mengatur anggaran keuangan sampai dengan membantu tugas manajemen senior untuk menggaji pegawai.
Manajemen perkantoran adalah upaya pengarahan pada aktivitas atau kegiatan ketatausahaan dari suatu kantor secara menyeluruh agar bisa mencapai tujuan seefisien mungkin dan harus diadakan penataan agar pekerjaan ini bisa dilakukan dengan baik.
Manajemen perkantoran meliputi rangkaian, seperti tata penyelenggaraan, pelaksanaan secara efisien, pengendalian, pengawasan dan pengarahan, serta perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, dan penggerakan.
Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis berkontribusi dalam menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai staf administrasi, resepsionis, asisten arsiparis, asisten sekretaris, layanan pelanggan, dan sebagai tenaga operator junior di bidang komputer dan otomatisasi perkantoran yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi, bernegosiasi, mampu bekerja dalam tim, mampu mengelola informasi dan gagasan, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan adaptif dalam menjalankan tugas dan fungsinya.
Kompetensi / Materi yang Diajarkan :
- Dasar-dasar Kejuruan MPLB.
- Ekonomi dan Bisnis.
- Pengelolaan Administrasi Umum.
- Komunikasi di Tempat Kerja.
- Pengelolaan Kearsipan.
- Teknologi Perkantoran.
- Pengelolaan Rapat/Pertemuan.
- Administrasi Humas dan Keprotokolan.
- Pengelolaan Keuangan Sederhana.
- Administrasi SDM/Kepegawaian.
- Administrasi Sarana dan Prasarana.
Prospek Kerja :
- Staff administrasi.
- Asisten sekretaris.
- Resepsionis.
- Staff personalia.
- Asisten arsiparis.
- Personal assistant.
- Layanan pelanggan.
- Wirausaha.